Halaman

4 Peranan PT Freeport Bagi Perekonomian Indonesia

4 Peranan PT Freeport Bagi Perekonomian Indonesia

Sebagai orang Indonesia, tentu sudah tahu dengan perusahaan tambang terbesar yaitu PT Freeport. Perusahaan tambang yang berpusat di Papua ini ternyata memiliki peran untuk Indonesia. Peranan PT Freeport bagi perekonomian Indonesia ternyata sangat besar.

4 Peranan PT Freeport Bagi Perekonomian Indonesia

Buat yang belum tahu, PT Freeport merupakan perusahaan produsen tembaga dan emas salah satu terbesar di dunia. Lokasinya tambangnya berada di pegununga Grasberg, Provinsi Papua, Indonesia. Berdiri sejak tahun 1973 dan sampai sekarang terus memberikan dampak ekonomi bagi Indonesia.

Pereanan PT Freeport Bagi Perekonomian Indonesia

Peranan PT Freeport bagi perekonomian Indonesia sangat besar karena perusahaan ini juga merupakan bagian kerjasama pemerintah. Jadi, keuntungan tambang pun secara tidak langsung akan masuk ke dalam ekonomi Indonesia. Berikut ini empat peranan pentingnya.

  • Sumber Pendapatan Negera

Hampir semua orang Indonesia mengenal PT Freeport sebagai perusahaan yang besar. Bahkan sejak tahun 1973 perusahaan ini telah menjadi salah satu penghasil pendapatan terbesar bagi pemerintah Indonesia. 

Sumber pendapatan tersebut berasal dari biaya royalti, pajak, dan dividen. Pemerintah Indonesia juga selalu menerima pendapatan yang signifikan dari kegiatan tambang dan ekspor.

Pendapatan yang besar ini pun akan menjadi sumber pembiayaan untuk pembangunan infrastruktur dan layanan publik masyarakat. Terutama untuk wilayah di sekitar pertambangan.

  • Kontribusi dalam Produk Domestik Bruto (PDB)

PT Freeport memberikan kontribusi yang penting dalam Produk Domestik Bruto (PDB), khususnya untuk sektor pertambangan. Keberadaan perusahaan juga berperan penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara.

PDB sendiri menjadi tolak ukur pertumbuha ekonomi suatu negara. Freeport termasuk ke dalam PDB karena perusahaannya yang bergerak di bidang tembaga dan emas, di mana dua produk ini memiliki nilai yang tinggi.

  • Ketersediaan Lapangan Pekerjaan

Peranan PT Freeport bagi perekonomian Indonesia juga dapat dirasakan oleh masyarakat. Pasalnya dengan adanya perusahaan maka lapangan pekerjaan juga semakin luas.

Posisi perusahaan yang berada di Indonesia secara tidak langsung memberikan akses yang lebih mudah bagi anak bangsa bekerja di sini. PT Freeport pun secara rutin membuka kesempatan kerja bagi siapapun yang memiliki kompetensi kuat.

Hingga saat ini ada ribuan pekerja Indonesia yang bekerja di sini. Tentunya upah dan tunjangan dari perusahaan PT Freeport pun terbilang tinggi dan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.

  • Peningkatan Ekspor

Freeport juga menjadi pendorong peningkatan ekspor di Indonesia. Dalam neracara perdangan kegiatan ekspor menjadi salah satu poin penting untuk mengurangi defisit. Kegiatan ekspor yang aktif dan PT Freeport akan membantu mengimbangan impor barang dari luar negeri.

Nah, itulah empat peranan PT Freeport bagi perekonomian Indonesia yang signifikan. Hingga sekarang perusahaan ini terus berupaya meningkatkan kualitas pertambangan yang bertanggung jawab, teruama untuk mengurangi dampai negatif pada lingkungan.

Related Post

Tidak ada komentar