Halaman

5 Perbedaan Sekolah Kedinasan dan Ikatan Dinas di Indonesia

5 Perbedaan Sekolah Kedinasan dan Ikatan Dinas di Indonesia

5 Perbedaan Sekolah Kedinasan dan Ikatan Dinas di Indonesia

 

Perbedaan sekolah kedinasan dan ikatan dinas dapat terlihat dari proses seleksi, fasilitas, dan jenjang karirnya. Meskipun begitu, dua tipe sekolah ini menjadi pilihan tepat jika ingin melanjutkan karir di lingkungan pemerintahan.

Dengan melanjutkan pendidikan ke sekolah kedinasan yang ikatan dinas ataupun tidak, sama-sama memiliki akses karir yang jelas. Namun, di antara dua ini ternyata ada perbedaan signifikan yang membuat jenjang karirnya pun berbeda. 

5 Perbedaan Sekolah Kedinasan dan Ikatan Dinas di Indonesia

Pada dasanya istilah sekolah kedinasan berlaku untuk semua instansi pendidikan yang dinaungi lembaga pemerintah. Namun, tidak semua sekolah kedinasan memiliki status ikatan dinas. Ini yang perbedaan sekolah kedinasan dan ikatan dinas di Indonesia.

  • Perbedaan Seleksi

Sekolah dinas dengan ikatan dinas memiliki sistem seleksi yang terkenal sengit. Selain itu, tahapan untuk seleksinya pun cukup panjang. Mulai dari tes akademik hingga tes kesehatan.
Sementara untuk Sekolah Kedinasan tanpa ikatan dinas memiliki persaingan yang relatif lebih longgar. Sistem seleksinya pun sama seperti sekolah pada umumnya.

  • Perbedaan Pendidikan

Sekolah ikatan dinas menggunakan sistem pendidikan yang fokus pada pengetahuan khusus. Kemudian juga mengajarkan keahlian di bidang pelayanan publik.
Berbeda dengan Sekolah Kedinasan yang menjalani pendidikan dan pelatihan khusus dari lembaga yang menaungi. Durasi pendidikan dan pelatihan bergantung pada masing-masing lembaga.

  • Perbedaan Fasilitas

Perbedaan sekolah kedinasan dan ikatan dinas berikutnya adalah pada fasilitas. Sekolah ikatan dinas mendapatkan fasilitas uang saku dan tunjangan hidup.
Sementara untuk Sekolah kedinasan fasilitas uang saku atau lainnya bergantung pada lembaga yang menaungi. Namun, pada umumnya siswa mendapatkan keringanan SPP.

  • Perbedaan Karir

Berdasarkan perbedaan karir, sekolah ikatan dinas memiliki kewajiban untuk bekerja di instansi yang menaunginya. Lama masa kerja sesuai dengan perjanjian yang ditandatagani.

Berbeda dengan sekolah kedinasan yang tidak mewajibkan untuk bekerja. Namun, siswa bisa memilih untuk bekerja di lembaga terkait atau tidak.

Nah, itulah perbedaan sekolah kedinasan dan ikatan dinas di Indonesia. Beberapa sekolah kedinasan dengan ikatan dinas yang terkenal seperti STAN, IPDN, STSN, dan STIS. Kemudian untuk kedinasan tanpa ikatan dinas adalah Politeknik Transportasi Darat Indonesia, Politeknik Imigrasi, dan lainnya.

Related Post

Tidak ada komentar