Halaman

Cara Mempercepat Boosting Windows 11 untuk Optimalkan Kinerja

Cara Mempercepat Boosting Windows 11 untuk Optimalkan Kinerja

Cara mempercepat boosting Windows 11 efektif untuk membuat komputer bekerja
secara optimal tanpa lemot. Boosting Windows mengacu tindakan untuk mengurangi
beban kerja prosesor. Di antaranya dengan membersihkan ruang penyimpanan
ataupun melakukan upgrade software.

Cara Mempercepat Boosting Windows 11 untuk Optimalkan Kinerja

Khususnya bagi para pengguna Windows 11 yang sering mengalami kondisi lemot dan freeze. Langkah ini dapat mempercepat proses boosting sehingga komputer bisa merespon dengan cepat.

Cara Mempercepat Boosting Windows 11

Langkah utama yang tidak boleh terlewatkan adalah membersihkan disk dan file sampah. Cache dan file yang tidak berguna dapat membuat beban kerja prosesor semakin besar dan menggangu kecepatan akses, berikut ini cara mempercepat boosting Windows 11 selengkapnya.

1. Non-Aktifkan Aplikasi Tidak Berguna

Aplikasi yang berjalan di latar belakang sering menjadi pemicu utama menurunnya kecepatan respon komputer. Oleh karena itu, jangan lupa memerika aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Jika ada aplikasi yang tidak penting maka sebaiknya non-aktifkan saja. Caranya dengan menggunkan menu Task Manager dan pilih “Startup”. Lalu, non-aktifkan aplikasi yang dirasa tidak penting.

2. Upgrade Hardware

Upgrade hardware juga sangat efektif untuk membuat peforma perangkat semakin baik. Apalagi jika perangkat masih menggunakan HDD, sebaiknya segera ganti pada SSD karena dapat membuat sistem menjadi lebih responsif.

3. Membersihkan Ruang Penyimpanan

Cara mempercepat boosting Windows 11 yang paling penting adalah membersihkan disk dan file sampah. File yang menumpuk di ruang penyimpanan akan membuat respon komputer terhambat.

Gunakan menu “Disk CleanUp” untuk menghapus file tidak berguna. Fitur ini akan membantu menghapus cache, file sementara, dan file sampah yang tidak berguna.

4. Meminimalkan Penggunaan Efek Visual

Penggunaan efek visual yang berlebihan pada komputer juga dapat menghambat performa Windows 11. Apalagi jika spesifikasi perangkat masih terbatas,.

Oleh karena itu, gunakan saja efek visual yang penting. Kemudian matikan efek lainnya dengan cara masuk ke menu “Control Panel”. Lalu, pilih “System” dan klik “Advanced System Settings”.

Nah, itulah cara mempercepat boosting Windows 11 agar komputer dapat bekerja dengan kecepatan full. Dampak boosting pada setiap komputer bisa saja berbeda karena tergantung spesifikasinya. Namun, cara ini efektif membuat komputer bekerja lebih baik dari sebelumnya.

Related Post

Tidak ada komentar