Halaman

Contoh Artificial Intelligence dalam Bidang Pendidikan Terbaru di Tahun 2023

Contoh Artificial Intelligence dalam Bidang Pendidikan Terbaru di Tahun 2023

Contoh Artificial Intelligence dalam bidang pendidikan membuka peluang baru untuk efektivitas belajar. Pembelajaran semakin interaktif dan efisien karena adanya penerapan teknologi AI ini. Bahkan dalam beberapa tahun terakhir perkembangannya semakin pesat. 

Contoh Artificial Intelligence dalam Bidang Pendidikan Terbaru di Tahun 2023

Tentunya ini juga membawa dampak baik bagi pendidikan Indonesia. Berikut ini beberapa teknologi AI yang sangat berguna dalam dunia pendidikan.

Contoh Artificial Intelligence dalam Bidang Pendidikan

Anggapan bahwa teknologi AI membuat siswa malam tidak sepenuhnya benar. Sebaliknya, jika memanfaatkan dengan tepat maka AI dapat menjadi pendorong untuk meningkatkan kualitas SDM di bidang pendidikan. Berikut ini contoh Artificial Intellgence dalam bidang pendidikan.

  • Smart Content

Smart Content adalah virtual AI yang dapat membantu mencarikan buku atau materi belajar berdasarkan kebutuhan pembaca. AI akan membantu merekomendasikan buku dan konte yang relevan. Keberadaan Smart Content ini juga yang melahirkan perpustakaan digital.

  • Automatic Assesment

Automatic Assesment adalah contoh Artificial Intelligence dalam bidang pendidikan yang sangat membantu guru dan staff sekolah lainnya. Fungsinya adalah untuk membantu persiapan ujian dengan cara yang praktis. Jadi, guru tidak perlu lagi melakukan pemeriksaan secara manual. 

  • Virtual Reality (VR)

Teknolgi VR biasanya populer dalam sektor hiburan seperti games. Namun, sekarang sudah ada juga yang mengembangkannya untuk kebutuhan belajar. Misalnya saja seperti membuat VR untuk kegiatan belajar sejarah sehingga siswa bisa merasakan dan melihat secara virtual kehidupan sejarah dulu. 

  • Personal Learning

Personal Learning adalah teknologi yang membantu siswa untuk mendapatkan pendampingan belajar secara virtual. Personal learning juga berguna sebagai database hasil belajar belajar. Nantinya, teknologi AI ini akan memberikan bantuan belajar kepada siswa berdasarkan hasil belajar yang tersimpan di dalam database.

  • Global Course

Global Course adalah penerapan teknologi AI yang paling banyak muncul dalam dunia pendidikan. Adanya teknologi ini memungkinkan siswa untuk melakukan kegiatan belajar secara daring. Global Course juga menyediakan berbagai referensi belajar yang layaknya seperti ruang kelas.

Nah, itulah contoh Artificial Intelligence dalam bidang pendidikan yang banyak diterapkan saat ini. Tentunya di masa depan AI akan terus berkembang semakin pesat dalam berbagai sektor kehidupan masyarakat.

Related Post

Tidak ada komentar