Halaman

Kenali 4 Kompetensi Guru Profesional yang Berguna untuk Peningkatan Pembelajaran

Kenali 4 Kompetensi Guru Profesional yang Berguna untuk Peningkatan Pembelajaran

Kenali 4 Kompetensi Guru Profesional yang Berguna untuk Peningkatan Pembelajaran

Peningkatan kualitas guru merupakan hal yang sangat penting untuk mencapai pembelajaran efektif. Cara untuk mencapai hal tersebut adalah dengan menerapkan 4 kompetensi guru profesional sebagai pedoman saat mengajar

Empat kompetensi ini tidak hanya membantu guru dalam mengajar, namun juga relevan dengan kebutuhan siswa. Masing-masing kompetensi memiliki perannya masing-masing yang tentunya berkaitan dengan peningkatan kualitas guru dan siswa.

Bagi kamu yang sedang berkarir sebagai guru, wajib untuk mengetahui kompetensi guru profesional berikut ini. 

4 Kompetensi Guru Profesional

Terdapat 4 kompetensi guru profesional yang meliputi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian. Masing-masing memiliki perbedaan dalam proses implementasinya. Berikut ini uraian untuk setiap kompetensi serta output yang diharapkan dari penerapan ini.

  • Kompetensi Pedagogik

Kompetensi pedagogik adalah kemampuan dalam membuat rencana, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan belajar sehingga mencapai hasil optimal. Cara guru untuk melaksanakannya adalah dengan memahami kurikulum dan membuat rencana pembelajaran. 

Guru dapat menggabungkan beberapa cara belajar, seperti diskusi, proyek kelompok, praktek teknologi, dan lainnya. Jika pembelajaran sudah terlaksana maka selanjutnya melakukan evaluasi. Evaluasi ini sangat penting untuk memberikan umpan balik kepada siswa agar mengalami peningkatan belajar.

  • Kompetensi Profesional

Kompetensi profesional berkaitan langsung dengan kualitas keilmuan seorang guru. Kompetensi ini menuntut guru agar memahami dan menguasai bidang ilmu sesuai dengan dengan perkembangan zaman. Apalagi di era sekarang yang telah menyatu dengan berbagai kecanggihan teknologi.

Cara untuk meningkatkan profesionalitas seorang guru bisa melalui program workshop, seminar, pelatihan, dan lainnya. Melakui kegiatan ini guru bisa mendapatkan insight baru untuk meningkatkan kualitas keilmuan. Baik di bidang pembelajaran khusus atau secara umum.

  • Kompetensi Sosial

Interaksi sosial juga termasuk ke dalam 4 kompetensi guru profesional yang sangat penting. Terutama untuk membangun interaksi yang sehat antara guru dan siswa. Guru harus mampu menyeimbangi kasih sayang kepada setiap siswa sehingga tidak ada yang merasa terkucilkan. 

Tidak hanya itu, guru juga harus memahami latar belakang budaya dan keluarga siswa agar tercipta lingkungan inklusif. Kunci dari suksesnya penerapan kompetensi sosial adalah adanya komunikasi dan kedekatan emosional dengan siswa.

  • Kompetensi Kepribadian

Kompetensi kepribadian meliputi sikap, nilai, dan karakter seorang guru dalam berinteraksi dengan siswa. Penerapan kompetensi ini sejalan dengan kompetensi sosial, namun di sini guru harus menjunjung nilai etika dan sosial dengan baik.

Guru harus mampu menjadi panutan dan dihormati oleh siswa. Namun, di sisi lain juga harus mampu memberikan rasa aman dan nyaman di lingkungan belajar. Dengan begitu maka bisa terwujud lingkungan belajar yang harmonis di kelas.

Nah, itulah 4 kompetensi guru profesional yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Ini dapat menjadi pedoman saat proses pembelajaran sehingga kegiatan belajar tidak membosankan dan monoton, baik bagi siswa ataupun guru.

Related Post

Tidak ada komentar