Halaman

Mukjizat Nabi Muhammad dari Allah

Mukjizat Nabi Muhammad dari Allah

Mukjizat ini diberikan oleh Allah untuk mendukung kenabiannya

Menjadi nabi yang terakhir dan diberikan banyak keistimewaan oleh Allah pada kisah Nabi Muhammad,  Mukjizat Nabi Muhammad SAW sangat luar biasa sama halnya seperti Nabi Musa, Isa, maupun Sulaiman.

Mukjizat ini diberikan oleh Allah untuk mendukung kenabiannya. 

Selain itu, juga digunakan untuk melemahkan lawan dan musuh yang dapat membahayakan umat Muslim. Sebenarnya, ada 300 mukjizat yang dimiliki oleh Rasulullah, Di bawah ini akan diberikan beberapa poin yang wajib diketahui, yaitu

1. ASI Melimpah

Nabi Muhammad SAW mendapatkan mukjizat pertama kali pada ibu persusuannya yaitu Halimah. Sebenarnya Halimah adalah perempuan yang kurus namun tetap mencoba untuk menyusui Nabi Muhammad ketika masih bayi. 

Ajaibnya air susu tersebut mengalir sangat deras padahal sebelumnya dia merasa kurang saat menyusui anak-anaknya. Bukan hanya Halimah karena suaminya juga heran karena mukjizat lain datang karena adanya bayi Muhammad.

Unta yang selama ini menjadi hewan peliharaannya tiba-tiba mengeluarkan air susu yang sangat banyak. Keluarga itu minum susu unta yang dihasilkan dari peternakannya dan bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

2. Dada Muhammad Dibelah

2 bulan lamanya Muhammad diasuh oleh Halimah karena ibunya menolak jika anaknya harus hidup di Mekkah. Ha tersebut bukan karena tanpa alasan karena kurang baik untuk perkembangan Muhammad. Sehingga bayi Muhammad yang berusia 2 bulan ikut ibu asuhnya dan tumbuh bersama saudaranya. 

Pada saat menggembala bersama saudaranya, tiba-tiba ada dua orang laki-laki dengan pakaian serba putih dan menghampiri Muhammad. Kedua orang tersebut langsung membelah dada Muhammad dan mengambil benda hitam yang ada di dalamnya. 

Nabi sendiri tidak tahu apa maksud dan tujuannya. Bahkan ibu dan ayah asuh Muhammad saat itu juga bingung akan maksud peristiwa tersebut. 

3. Membelah Bulan

Tidak kaget lagi saat kaum kafir menentang Nabi Muhammad karena ingin menunjukkan kenabiannya. Rasulullah atas izin Allah SWT menunjukkan kebesaran Allah SWT dengan cara membelah bulan.

Banyak dari kalangan kaum Quraisy yang terkejut dengan apa yang dilakukan Nabi Muhammad SAW. 

Kebesaran Allah SWT sudah ditunjukkan melalui mukjizat nabi Muhammad SAW. Dan ini hanyalah salah satu dari banyaknya mukjizat yang dimiliki. 

4. Jari Tangan Mengalirkan Air

Air bisa mengalir melalui jari tangan Nabi Muhammad pada waktu itu. Hal ini bertepatan dengan hari perjanjian dimana orang-orang yang datang merasakan haus luar biasa. Saat Rasulullah sudah selesai berwudhu maka mereka bergegas menghampirinya. 

Orang-orang tersebut berkata bahwa tidak ada air yang bisa digunakan untuk minum dan berwudhu. Hanya sepanci air kecil saja yang dimiliki dan pastinya kurang untuk semua orang. 

Saat itu, Rasulullah meletakkan tangannya pada wadah tersebut dan air mulai keluar dari jari-jari tangannya. Semua orang yang ada disekitarkan bisa menghilangkan rasa haus dengan meminum air yang keluar tersebut.

5. Mengenyangkan Orang Banyak dengan Satu Gelas Susu

Berguna bagi seluruh umat Islam di sekitarnya, Nabi Muhammad memiliki mukjizat yang luar biasa yaitu bisa mengenyangkan banyak orang hanya dengan minum satu gelas susu saja. Memang kisah Nabi Muhammad ini sangat menarik dan terlihat menakjubkan. 

Teman nabi yaitu Abu Hurairah adalah orang yang miskin dan sering kelaparan namun memiliki ilmu pengetahuan dan hafalan yang luar biasa.

Nabi Muhammad memintanya untuk bertemu dan ikut dengan Nabi. Pada saat itu, Nabi menemukan satu gelas susu dan mengundang banyak orang ke rumahnya.

Abu Hurairah adalah orang pertama yang meminum susu itu dan seterusnya dilanjutkan oleh seluruh undangan. Perasaan yang dirasakan adalah kenyang sepuasnya setelah minum susu tersebut.

6. Sedikit Makanan yang Mengenyangkan

Kisah Nabi Muhammad kala itu sedang dalam keadaan lemas dan Abu Thalhah dan istrinya mendengar kabar tersebut. Kedua suami istri tersebut langsung mengundang Nabi Muhammad untuk makan di rumahnya. 

Akan tetapi, Nabi datang bersama dengan banyak sahabatnya yang jumlahnya cukup banyak yaitu 70 sampai dengan 80 orang. Pastinya suami istri tersebut merasa kebingungan karena banyak orang yang datang dan makanannya tidak cukup. 

Nabi mendoakan makanan tersebut terlebih dahulu sebelum mempersilahkan tamu yang lain makan. Makan dilakukan secara bergantian 10 orang dan semuanya merasa kenyang setelah pergantian makan tersebut.

7. Do’a Diturunkan Hujan

Saat Rasulullah berkhutbah dalam Shalat Jum’at ada orang yang meminta Rasulullah untuk berdoa agar meminta hujan diturunkan saat itu. Hal tersebut karena kondisi kekeringan yang telah berlangsung cukup lama dan memberikan dampak besar pada kehidupan. 

Nabi Muhammad SAW mendoakan sampai dengan Jumat berikutnya sehingga hujan turun. Akan tetapi, seseorang membawa kabar karena hujan yang turun terus menerus maka banyak rumah yang rusak.

Nabi berdoa kembali agar dapat berpindah ke Madinah sesuai permintaan umatnya.

8. Hidupnya Kerikil

Kisah Nabi Muhammad yang menarik lainnya adalah hidupnya kerikil yang merupakan salah satu mukjizatnya juga. Hal tersebut terjadi pada saat Nabi Muhammad bertasbih menggunakan batuan kecil di tangannya. 

9. Pelepah Menangis

Rasulullah memiliki kebiasaan untuk berkhotbah bersandar pada pelepah kurma. Pada saat sudah ada mimbar untuk berdakwah maka pohon bekas sandaran Nabi tersebut menangis seperti unta yang sedang melahirkan kata orang yang mendengarnya. 

Kemudian, nabi mengusapkan tangannya ke permukaan pelepah tersebut. Menghampiri dan meletakkan tangan lalu pelepah tersebut terdiam.

10. Mengobati Sakit Mata

Ali bin Abi Thalib sahabat nabi yang menjadi pemegang bender kala itu mengeluh sakit mata. Kemudian, rasulullah memanggil Ali dan meludahi matanya. Mukjizat yang diberikan Allah adalah sakit mata Ali langsung sembuh dengan waktu yang cepat. 

Bahkan penyembuhannya terlihat bahwa Ali tidak pernah sakit mata sebelumnya. Dengan begitu maka tugas Ali membawa bendera akan berlangsung dengan mudah. 

11. Peristiwa Isra’ Mi’raj

Peristiwa penting dalam kisah Nabi Muhammad adalah Isra’ Mi’raj yang merupakan awal dari perintah shalat 5 waktu untuk para umat Muslim.

Perjalanan yang dilakukan oleh nabi Muhammad sangat menakjubkan karena bisa mengunjungi Sidratul Muntaha melewati bumi dan langit. 

Mula dari peristiwa ini adalah pada saat Jibril mendatangkan Buraq yaitu kendaraan untuk Nabi yang memiliki kecepatan luar biasa. Buraq ini berupa hewan putih dengan sayap yang ada di antara kakinya. 

Peristiwa Isra’ Mi’raj memang bertujuan untuk memberikan perintah sholat kepada umat Nabi Muhammad. Namun, dalam perjalanannya Nabi bisa bertemu dengan banyak nabi-nabi sebelumnya yang mendahuluinya. 

12. Al-Qur’an

Mukjizat terbesar yang didapatkan oleh Nabi Muhammad SAW adalah kitab suci Al-Qur’an. Keutamaannya dalam kehidupan umat Islam sangatlah besar karena bisa digunakan sebagai pedoman hidup yang baik. 

Dalam mendapatkan pemaknaan Al-Qur’an yang baik maka Nabi Muhammad meminta orang-orang ahli dalam fasih berbahasa, sastra, dan syair. Mukjizat inilah yang paling utama bagi Nabi Muhammad SAW yang berasal dari Allah SWT. 

Pasalnya, di dalam Al-Qur’an seluruh ajaran dalam kitab-kitab sebelumnya yang diberikan kepada 4 nabi dan rasul sudah menjadi yang abadi dan terakhir. Al-Qur’an bisa digunakan selama hidup sampai akhir hayat dan tidak tergerus dengan perkembangan zaman. 

Pembelajaran menarik bisa didapatkan dalam Al-Qur’an melalui kisah Nabi Muhammad, kisah-kisah orang kafir, dan lainnya. Bahkan di dalamnya terdapat banyak mukjizat nabi-nabi sebelumnya dan bisa dijadikan acuan dalam kehidupan sehari-hari.     

Sahabat Nabi yang Menjadi Penerus Setelah Wafat

Setelah Nabi Muhammad SAW wafat, perjuangannya dalam Islam dilanjutkan oleh para sahabatnya. Upaya para sahabat Nabi ini tidak bisa dinilai dengan apapun karena kepemimpinannya yang sangat bijaksana dan adil.

Terdapat 4 sahabat nabi yang sekaligus menjadi khalifah saat nabi telah wafat, yaitu:

1. Abu Bakar As-Shiddiq

Sahabat pertama adalah Abu Bakar As-Shiddiq yang merupakan mertua Rasulullah. Ayah dari istrinya yaitu Aisyah. Mendapatkan gelar As-Shiddiq karena selalu berkata benar dan selalu menegakkan kejujuran.

Tombak dari kepengurusan Islam setelah nabi wafat adalah para sahabatnya. 

Dalam kepemimpinannya Abu Bakar memulai sebuah misi dengan memberikan nama Assabiqunal Awwalun sebagai generasi pertama untuk menyerukan agama Allah.

Pada saat menjalankan dakwahnya terlihat sangat sungguh-sungguh dan sabar. 

Ada beberapa orang yang berhasil diajak masuk ke dalam Islam. Sayangnya tidak lama setelah itu, Abu menentukan penggantinya yaitu Umar bin Khattab karena percaya dengan sikapnya. 

2. Umar bin Khattab

Abu Bakar sudah menunjuk Umar bin Khattab sebagai penggantinya melalui surat wasiat.

Umar melanjutkan kepemimpinan Abu dan dikenal sebagai orang yang sangat tangguh dalam menyerukan agama Islam. Prinsip yang dimiliki yaitu tegas, adil, dan berani dalam memimpin. 

Bisa dikatakan bahwa Umar adalah pemimpin yang dibutuhkan oleh umat Islam karena berani menegakkan keadilan dan hak-hak rakyatnya. Padahal sebelum menjadi muslim, Umar sangat menentang Islam dan Rasulullah bahkan sampai ingin membunuhnya. 

Namun dengan hati yang terketuk maka Umar bin Khattab mendatangkan pengaruh besar pada penduduk Makkah dan memeluk agama Islam.

3. Usman bin Affan

Sahabat yang melanjutkan perjuangan Umar bin Khattab adalah Utsman bin Affan yang berasal dari Bani Umayyah. Utsman adalah pedagang kain namun kesuksesannya sangat baik sehingga menjadi ahli ekonomi dan memiliki banyak hewan ternak. 

Namun, di luar itu Utsman sangat dermawan dan memiliki kepedulian yang tinggi dengan sesama. Para pasukan perang banyak dibiayai oleh Utsman bin Affan. Bahkan sampai membeli sumur Yahudi untuk dipakai kaum Islam. 

Dalam kepemimpinannya, Al-Qur’an dijadikan mushaf yang tadinya hanya berupa lembaran-lembaran saja.

4. Ali bin Abi Thalib

Terakhir, sahabat yang menjadi khalifah adalah Ali bin Abi Thalib seorang pemuda dari kalangan Quraisy yang masuk Islam. Ali menikah dengan Fatimah sehingga menjadi menantu Rasulullah. Dan kehidupan pernikahannya cukup sederhana. 

Melihat kepemimpinan yang dilakukan Ali hampir sama persis seperti kepemimpinan Umar bin Khattab yaitu keras dan disiplin. Misi-misi besar dilakukan dan berhasil sehingga mampu mengembangkan Islam sampai ke penjuru dunia.

Dengan mengenal kisah Nabi Muhammad mulai dari lahir, wafat, sampai kisah sahabat yang senantiasa setia menjalankan dakwahnya untuk Islam.

Sebagai seorang muslim pastinya akan menambahkan keimanan dalam mempercayai rasul dan menguatkan ibadah yang saat ini dilakukan.

Related Post

Tidak ada komentar