Halaman

Panduan Pendataan AN (BIOAN) Persiapan Asesmen Nasional Tahun 2023

Panduan Pendataan AN (BIOAN) Persiapan Asesmen Nasional Tahun 2023

Panduan Pendataan AN (BIOAN) Persiapan Asesmen Nasional Tahun 2023

www.rizkysmg.com | Panduan Pendataan AN (BIOAN) Persiapan Asesmen Nasional Tahun 2023

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh,

Halo Sobat, berjumpa lagi ya di Blog yang sama, dalam kesempatan kali ini admin akan berbagi informasi terbaru terkait dengan Panduan Pendataan AN (BIOAN) Persiapan Asesmen Nasional Tahun 2023.

Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. 

Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Asesmen Nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid. 

Asesmen Nasional menghasilkan informasi untuk memantau (a) perkembangan mutu dari waktu ke waktu, dan (b) kesenjangan antar bagian di dalam sistem pendidikan (misalnya kesenjangan antarkelompok sosial ekonomi dalam satuan pendidikan, kesenjangan antara satuan Pendidikan negeri dan swasta di suatu wilayah, kesenjangan antardaerah, atau pun kesenjangan antarkelompok berdasarkan atribut tertentu). 

Asesmen Nasional bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid. Asesmen Nasional juga memberi gambaran tentang karakteristik esensial sebuah satuan pendidikan yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut. Hal ini diharapkan dapat mendorong satuan pendidikan dan Dinas Pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran.

ALUR PROSES PENDATAAN

  • KELOLA SATUAN PENDIDIKAN

Mengelola Data Satuan pendidikan

  • IMPOR BIODATA

Menambahkan Calon Peserta AN dengan Cara Impor Biodata dari Server Integrasi yang berbasis data DAPODIK/EMIS

  • GENERATE SAMPLING

Melakukan Proses Generate Sampling Berdasarkan Program Studi, Paralel dan Jenis Kelamin

  • CETAK DNS

Melakakukan Proses Cetak Data Nominasi Sementara

  • GENERATE NOPES

Melakukan Proses Generate Nomor Peserta

  • CETAK DNT

Melakukan Proses Cetak Data Nominasi Tetap

Untuk informasi selengkapnya terkait dengan Panduan Pendataan AN (BIOAN) Persiapan Asesmen Nasional Tahun 2023 dapat kalian unduh disini : DOWNLOAD

Demikian informasi tentang Panduan Pendataan AN (BIOAN) Persiapan Asesmen Nasional Tahun 2023 yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Jika informasi ini bermanfaat, Jangan lupa Share ya, Terima Kasih.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

Related Post

Tidak ada komentar