Halaman

Perbedaan Sekolah Tinggi dan Universitas di Indonesia

Perbedaan Sekolah Tinggi dan Universitas di Indonesia

Perbedaan Sekolah Tinggi dan Universitas di Indonesia

Jenis pendidikan tingkat lanjut setelah lulus dari kelas 12 ternyata ada banyak. Tidak hanya universitas saja, tapi juga ada yang namanya sekolah tinggi,  institut, dan akademi. Seringkali yang membuat bingung adalah perbedaan sekolah tinggi dan universitas.

Sekilas keduanya terlihat memiliki sistem belajar dan gelas yang sama. Tapi, ternyata dua jenis kampus ini memiliki sistem yang berbeda. Terutama dari ruang lingkup pendidikan serta kurikulumnya. Biar tidak bingung menentukan pilihan setelah lulus kelas 12 nanti, yuk ketahui perbedaan keduanya.

Perbedaan Sekolah Tinggi dan Universitas di Indonesia

Perbedaan sekolah tinggi dan universitas bisa terlihat dari ketersediaan jurusannya. Selain itu, faktor berikut bisa menjadi pembeda antara dua tipe kampus di Indonesia ini.

  • Ruang Lingkup Studi

Sekolah tinggi memiliki ruang lingkup yang terbatas pada satu cabang ilmu saja. Misalkan seperti Sekolah Tinggi Keuangan Negara yang hanya fokus dengan cabang ilmu akuntansi saja.

Tapi, di universitas juga ada cabang ilmu akuntansi yang berdampingan dengan cabang ilmu lainnya. Jadi, ruang lingkup studi untuk universitas lebih luas daripada sekolah tinggi.

  • Variasi Program Studi

Meskipun hanya mendalami satu cabang ilmu, namun sekolah tinggi tetap memiliki beberapa program studi. Namun, jika membandingkan dengan universitas maka jumlah program studi sekolah tinggi lebih sedikit. Ini berkaitan juga dengan ruang lingkup studinya yang terbatas.

  • Kurikulum Pembelajaran

Perbedaan sekolah tinggi dan universitas berikutnya adalah berdasarkan kurikulum pembelajaran. Sekolah tinggi memiliki kurikulum pembelajaran yang lebih mendalam. Sementara untuk pendidikan di universitas mengajarkan kurikulum yang sifatnya teoritis, luas, dan general.

  • Infrastruktur Perkuliahan

Pada dasarnya kedua kampus memiliki infrastruktur yang lengkap untuk mendukung perkuliahan. Namun, infrastruktur di universitas jauh lebih banyak karena jumlah cabang ilmunya yang juga beragam.

  • Aksesibilitas Pendidikan

Perbedaan aksesibilitas memang tidak begitu menonjol karena lulusannya pun banyak yang berkualitas. Namun, sekolah tinggi sering dianggap lebih mudah diterima dalam dunia kerja.

Nah, itulah perbedaan sekolah tinggi dan universitas di Indonesia. Jadi, kampus yang memiliki beragam jurusan umumnya adalah universitas. Sementara sekolah tinggi fokus pada satu cabang ilmu dan mempelajarinya dengan mendalam.

Related Post

Tidak ada komentar