Halaman

Cara Mengajukan Bantuan PIP/KIP Oleh Siswa atau OrangTua Secara Mandiri

Cara Mengajukan Bantuan PIP/KIP Oleh Siswa atau OrangTua Secara Mandiri

Cara Mengajukan Bantuan PIP/KIP Oleh Siswa atau OrangTua Secara Mandiri


Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh



www.rizkysmg.com Halo Sahabat, berjumpa lagi di Blog yang sama, dalam kesempatan kali ini, admin akan berbagi informasi terbaru terkait dengan Cara Mengajukan Bantuan PIP/KIP Oleh Siswa atau OrangTua Secara Mandiri.




📒 Surat Edaran

Program Indonesia Pintar adalah bantuan berupa uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin untuk membiayai pendidikan.

PIP dirancang untuk membantu anak-anak usia sekolah dari keluarga miskin/rentan miskin /prioritas tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah, baik melalui jalur formal sd sampai sma/smk dan jalur non formal paket a smpai paket c dan pendidikan khusus. 

melalui program ini pemerintah berupaya mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah, dan diharapkan dapat menarik siswa putus sekolah agar kembali melanjutkan pendidikannya. PIP juga diharapkan dapat meringankan biaya personal pendidikan peserta didik, baik biaya langsung maupun tidak langsung. Berikut ini cara mengajukan bantuan KIP/PIP oleh siswa atau orangtua.



📋 KATEGORI PENGAJUAN BANTUAN PIP/KIP

  • Kartu Indonesia Pintar (KIP)
  • Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) 
  • Program Keluarga Harapan (PKH)
  • Kartu Bantuan Pangan Non Tunai (KBPNT)
  • Kartu Bantuan Sosial Tunai (BST)
  • Kartu Indonesia Sehat (KIS)


Program bantuan Pemerintah Daerah lainnya

Ketegori Siswa Tidak Memiliki Kartu Bantuan Pemerintah. Bagi siswa yang tidak memiliki kartu bantuan dari pemerintah bisa mengajukan bantuan KIP/PIP menggunakan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari desa melalui sekolah.

CARA PENGAJUAN BANTUAN KIP/KIP

Bagi siswa yang memiliki kartu bantuan dari pemerintah atau pun tidak dapat mengajukan bantuan PIP/KIP melalui sekolah dengan melakukan pendataan di aplikasi Dapodik.

Selanjutnya jika kalian memiliki kartu bantuan dari pemerintah, maka Operator Dapodik akan melakukan pendataan dengan memasukkan data ke Aplikasi Dapodik sesui dengan kartu bantuan yang kalian miliki. Adapun data yang diinput antara lain : Jenis Kesejahteraan, No Kartu, Nama Di Kartu, Tahun Mulai dan Tahun Selesai.


📋 LANGKAH PENGAJUAN BANTUAN KIP/KIP

  • Daerah Konflik
  • Dampak Bencana Alam
  • Kelainan Fisik
  • Keluarga Terpidana / Berada di LAPAS
  • Pemegang PKH/KPS/KKS
  • Pernah Drop Out
  • Siswa Miskin/Rentan Miskin
  • Yatim Piatu/Panti Asuhan/Panti Sosial


Selanjutnya

Selanjutnya jika data sudah dimasukkan oleh sekolah, maka menunggu proses pengajuan oleh dinas pendidikan.

Berikutnya menunggu proses penetapan bagi siswa penerima PIP/KIP oleh Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Jika siswa yang diajukan oleh sekolah mendapatkan bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) bisa dilihat secara mandiri disini : kemdikbud.go.id atau bisa juga ditanyakan dipihak sekolah melalui laman sipintar, untuk aplikasinya bisa dilihat Kelik Disini

silahkan pilih login Sekolah, masuk menggunakan SSO dapodik atau NPSN sekolah anda.

Yang perlu dan wajib dipahami adalah, sekolah hanya melakukan pendataan dan pengajuan saja, untuk mendapatkan bantuan PIP/tidak itu sepenuhnya kewenagan pusat (Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.)



🔐 Penutup

Demikian informasi yang dapat admin bagikan tentang Cara Mengajukan Bantuan PIP/KIP Oleh Siswa atau OrangTua Secara Mandiri, semoga bermanfaat ya

Jika informasi ini sangat bermanfaat bagi sahabat, Jangan lupa Share ya, Terima Kasih.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.


Related Post

Tidak ada komentar